Sayange!!!!!!!!!!!!!!!!

Ayam hitam telurnya putih mencari makan dipingir kali
nona hitam giginya putih …kalau tertawa manis sekali..
rasa sayange rasa sayang-sayange liat dari jauh rasa sayang-sayange…..

Kabaena gunung yang tinggi ombak dilaut samaratanya
sungguh enak orang yang pergi orang yang tinggal apa rasanya
rasa sayange rasa sayang-sayange lihat dari jauh rasa sayang sayange.

saya masih ingat waktu itu tgl.24 Oktober s/d tgl.5 nopember 1999 disaat saya mewakili KADIN DKI mengikuti program Business Partner City ( BPC ) dalam bidang Program For Asian Entrepreneurs di Osaka jepang. Yang hadir pada saat itu adalah perwakilan2 dari negara2 Asia Tenggara, jelas dari Malaysia pun ada.
Pada malam perpisahan kami adakan suatu acara dimana tiap2 negara mebawakan lagu2 dari negara masing2…kami dari Indonesiapun tdk ketinggalan krn acara ini adalah acara spontanitas , saya cpt2 siapkan lagu yang akan kami nyanyikan yang paling aq hafal dan ada diotakku pada saat itu adalah ayam hitam tmnku tdk hafal n tdk tau lagu itu saya cpt2 aja buat coretan. nanti yang nyanyiin pantun saya, kmu ikutin aja nyanyi rasasayange rasasayang sayange lihat dari jauh rasasayang sayange…kamu nyanyi berdua n semua hadirin ikut tepuk tangan krn lagu ini sangat bersemangat n gembira.
Saya sangat terkejut waktu baca koran kalau malaysia memproklamirkan lagu ini sebagai lagu jingle pariwisata mereka walah2 enak amat ya gak punya malu main copot sini sana hak orang.
Lagu ini sering saya nyanyikan sejak saya masih kanak2 karena saya dibesarkan dikota Ambon
memang karangannya noname ditulis begitu tapi noname bukan berarti tdak ada pengarangnya…saya yakin yang ngarang lagu itu pasti buyut2ku tapi mereka tdk mau menonjolkan diri atau memang lagu itu mengalir begitu saja di masyarakat ambon sehingga lagu itu milik masyarakat, dan tidak disebut pengarangnya/noname karena karangan masyarakat ambon sendiri iya kan hehehhehehe……
Pokoknya sebagai putra bangsa Indonesia saya tidak RELA lagu tsb di akui n diambil oleh Malaysia sebagai lagu wajibnya mereka. Wahai malaysia kembalikan laguKU……Rasasayange oh sayange nasibmu…..

This entry was posted in aneka sari. Bookmark the permalink.

Comments are closed.